Jawa Barat,- Dinas Pendidikan Jawa Barat menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Strategi Komunikasi: Membangun Citra Pendidikan Jawa Barat di Era Digital”. Acara ini diselenggarakan di Hotel Marbella Suites Bandung, Jalan Dago Pakar, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Selasa dan Rabu (5-6/12/2017) Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi mengatakan,, peran humas dalam pendidikan sangatlah penting Menurutnya humas merupakan pilar utama dalam membangun image sekolah di mata masyarakat.

“Kehumasan adalah garda terdepan. Wakil Kepala Sekolah bagian Kehumasan merupakan pilar utama untuk membangun image sekolah. Jadi, silahkan rumuskan program-program sekolah dan harus dikomunikasikan kepada masyarakat.” jelasnya.

Selain itu, ia menuturkan perlu adanya agenda setting dalam pengelolan organisasi dan informasi di sekolah. Ini merupakan salah satu tugas humas yang tidak kalah penting. Informasi yang disampaikan kepada masyarakat atau wartawan harus disaring terlebih dahulu, mana yang boleh disampaikan dan mana yang tidak.

“Contohnya saja saya. Kalau ada wartawan yang bertanya kepada saya secara  langsung, pasti saya akan menjawab polos apa adanya. Kalau humaskan tahu mana yang bisa disampaikan dan mana yang tidak,” ujar Hadadi.

Acara ini diikuti oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan dari perwakilan sekolah di Jawa Barat, serta perwakilan balai dan bidang Dinas Pendidikan Jawa Barat. FGD diawali dengan pemberian materi oleh beberapa narasumber yang kompeten dalam bidang kehumasan, Setelah itu peserta diajak untuk berdiskusi dan praktik langsung mengenai kehumasan di sekolah.

Leave a Comment